"Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivistik"
Oleh: Toman Sony Tambunan
(Aparatur Sipil Negara, Akademisi, Pembelajar, Penulis Buku,
Praktisi, Peneliti, Konsultan, Editor Buku, Reviewer Jurnal)
Pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik menyatakan bahwa pengetahuan merupakan kontruksi dari individu yang mengetahui sesuatu. Pengetahuan itu bukanlah suatu fakta yang hanya ditemukan dengan mudah di sekitar kita, melainkan suatu perumusan yang diciptakan oleh individu yang sedang mempelajarinya. Pengetahuan ataupun pengertian adalah fakta yang diperoleh oleh siswa secara aktif, bukan hanya diterima secara pasif dari seorang pendidik. Seseorang yang sedang menjalan proses belajar berarti sedang membentuk suatu pengertian. Konstruktivisme tidak bertujuan memberikan atau mengarahkan kepada suatu hakikat bersifat kenyataan, tetapi mencoba untuk mengarahan atau mengajarkan bagaimana kita menjadi tahu tentang sesuatu melalui suatu proses belajar.
Pendekatan konstruktivistik diharapkan mampu membuat siswa aktif, dan membangun sendiri apa yang harus dikuasainya, siswa juga membangun aspek sosialisasi karena metode ini menerapkan kerja kelompok. Dalam proses pembelajaran ini siswa dibiasakan untuk memecahkam masalah, bertanya, menyampaikan gagasan atau ide-idenya. Siswa juga dibiasakan untuk bertanggung jawab terhadap apa yang disampaikan pada orang lain sehingga dalam berbicara harus menggunakan dasar yang jelas, serta berani mempertahankan argumentasinya di depan orang banyak.
Catatan: 10 Juli 2021
Tidak ada komentar:
Posting Komentar