Pembelajaran Meningkatkan Keterampilan untuk Hidup

 "Pembelajaran Meningkatkan Keterampilan untuk Hidup"

Oleh: Toman Sony Tambunan
(Aparatur Sipil Negara, Akademisi, Pembelajar, Penulis Buku, Praktisi, Peneliti, Konsultan, Editor Buku, Reviewer Jurnal)

 Pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan hidup, dapat dilakukan dengan pendekatan model interaksi sosial yang didasari oleh teori belajar Gestalt (field theory), dimana model pembelajaran yang menitikberatkan untuk menciptakan hubungan yag harmonis antara individu dengan masyarakat dan lingkungan sekitarnya (learning to life together).

Penerapan dari teori Gestalt dalam pembelajaran adalah:
Pertama, Pengalaman (insight) artinya proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dalam mengenal dan memahami keterkaitan unsur-unsur suatu objek.
Kedua, Pembelajaran yang bermakna artinya proses pembelajaran untuk mengarahkan peserta didik memiliki makna yang baik bagi dirinya maupun bagi kehidupannya di masa mendatang.
Ketiga, Perilaku bertujuan artinya proses pembelajaran untuk mengarahkan peserta didik dalam menemukan tujuan hidup yang akan dicapai.

Keempat, Prinsip ruang hidup (life space) artinya proses pembelajaran untuk mengarahkan pesera didik menemukan keterkaitan hubungan dengan situasi lingkungan di mana seseorang berada.




Catatan: 10 Juli 2021


Tidak ada komentar:

Posting Komentar