"Pembelajaran Berbasis Penemuan"
Oleh: Toman Sony Tambunan
(Aparatur Sipil Negara, Akademisi, Pembelajar, Penulis Buku,
Praktisi, Peneliti, Konsultan, Editor Buku, Reviewer Jurnal)
Tahapan kerja dalam proses pengembangan model pembelajaran Berbasis Penemuan, yaitu:
Pertama, Pemberian rangsangan (stimulation).
Pada tahapan ini, setiap peserta didik diajak untuk membaca berbagi sumber pengetahuan yang berasal dari buku maupun literatur lainnya, kemudian mengajukan beberapa pertanyaan atas pengetahuan yang diketahuinya setelah membaca buku. Selanjutnya setiap peserta didik melakukan simulasi dengan melakukan penelusuran (eksplorasi) atau percobaan terhadap materi pembelajaran yang diberikan oleh pendidik.
Kedua, Pengidentifikasian masalah (problem statement). Pada tahapan ini, pendidik memberikan kesempatan bagi setiap peserta didik untuk mengidentifikasi tentang materi pembelajaran.
Ketiga, Pengumpulan data (data collection). Pada tahap ini, pendidik memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk mengumpulkan data atau informasi sebanyak-banyaknya untuk melakukan pembuktian benar atau tidaknya suatu jawaban sementara (hipotesis) atau saran yang telah diberikan.
Keempat, Pengolahan data (data processing). Pada tahap ini, data atau informasi yang diperoleh peserta didik, selanjutnya dioleh dengan pendekatan wawancara, pengamatan langsung (observasi), penggunaan alat analisis, dan sebagainya. Setelah diolah datanya, maka bisa diuraikan atau dijelaskan dengan baik.
Kelima, Pembuktian (verification). Pada tahap ini, setiap peserta didik diberikan kesempatan untuk melakukan pengamatan langsung (observasi) untuk menelusuri kebenaran, serta membuktikan benar atau tidaknya suatu jawaban sementara (hipotesis) atas permasalahan.
Keenam, Membuat kesimpulan (generalization). Pada tahap ini, setiap peserta didik diberikan kesempatan untuk membuat suatu kesimpulan yang dapat dijadikan sebagai pedoman dan berlaku untuk masalah yang sama dengan mempedomani hasil verifikasi.
Catatan: 10 Juli 2021
Tidak ada komentar:
Posting Komentar